Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana
cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang
didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal
ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU akan
bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan
ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer
Ada sejumlah tingkatan
dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana
diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dansoftware.
Tingkatan Dasar
Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini
Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada
hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas
hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software
dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
Multilayerd Machine
Tingkatan dasar
arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer
keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer
software di atas beberapa layer hardware.
1. CPU (Central processing Unit), yang mengendalikan semua unit
sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.
§ Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan
program
§ Control unit (unit pengendalian), membuat semua unit bekerja sama sebagai
suatu sistem
§ Aritmatika and logical Unit, tempat berlangsungnya operasi perhitungan
matematika dan logika
2. Unit
Input, memasukkan data ke
dalam primary storage
3. Secondary
storage (penyimpanan
sekunder), menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak
digunakan
4. Unit
Output, mencatat hasil
pengolahan
PERALATAN INPUT
Perangkat input
merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah
ke dalam komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan
interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang diberikan
oleh penggunanya. Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah
perintah yang dapat dipahami oleh manusia kepada bentuk yang dipahami oleh
komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam bentuk
yang dipahami oleh manusia kepada data yang dimengerti oleh komputer yaitu
dengan kode-kode binary (binary encoded information).
PEMROSESAN PUSAT DAN
PENYIMPANAN SEKUNDER
CPU atau satuan
merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro,
processor ini disebut microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama,
yaitu unit kendali ( control unit) dan unit Aritmatika dan logika (arithmethic
logic unit). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa
simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.
Penyimpanan sekunder (secondary storage)
Penyimpanan sekunder
(juga dikenal sebagai memori eksternal atau penyimpanan tambahan), berbeda dari
penyimpanan utama dalam hal itu tidak langsung dapat diakses oleh CPU. Komputer
biasanya menggunakan input / saluran output untuk mengakses penyimpanan
sekunder dan transfer data yang diinginkan dengan menggunakan daerah
menengah dalam penyimpanan utama. Penyimpanan sekunder tidak kehilangan data
bila perangkat dimatikan-itu adalah non-volatile. Per unit, itu biasanya juga
dua lipat lebih murah dari penyimpanan utama. Akibatnya, sistem komputer modern
biasanya memiliki dua perintah besarnya lebih penyimpanan sekunder dari
penyimpanan primer dan data disimpan untuk waktu yang lebih lama disana.
PERALATAN OUTPUT
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun
berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat
bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam
bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan
sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat
berupa:
§ Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas
atau film.
§ Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk
menampilkan tulisan dan imagepada media lunak yang berupa sinyal
elektronik.
§ Drive device atau driver, yaitu alat yang
digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin
pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda,
sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Nama
: FREDY NABABAN
Kelas
: 4IB02
Npm
: 12411965
Link Blog :
Sumber :
https://www.academia.edu/6504965/Pengertian_dan_Tujuan_ARSITEKTUR_KOMPUTER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar